Home Tentang Kami Hubungi Kami Links FAQ Forum
Follow Us


General Banking

Retail & Micro Banking (BPRS)

Consumer Banking

Commercial Banking

Seminar

Treasury & International Banking

Service, Selling & Marketing

Legal & Sharia Compliance

Workshop

Consultancy & Assessment Center

Socialization Program

ICDIF Terus Tingkatkan Mutu dan Kualitas Program

International Center for Development in Islamic Finance Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (ICDIF LPPI) sebagai lembaga yang didirikan oleh Bank Indonesia sejak 2008 yang lalu terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi dan menyiapkan Sumber Daya Insani bagi industri perbankan & keuangan syariah. Sejak berdirinya s.d. tahun 2013, tercatat ICDIF LPPI telah mendidik sekitar 17.052 orang SDI perbankan & Keuangan Syariah.


ICDIF LPPI terus berupaya untuk meningkatkan mutu program pendidikan dan pelatihan juga konsultasi perbankan & keuangan syariah untuk dapat menghasilkan SDI perbankan syariah yang memiliki skill, knowledge dan attitude yang baik melalui berbagai program pendidikan dan pelatihan serta konsultasi yang dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan industri perbankan & keuangan syariah tanah air.

 

Peningkatan mutu dan kualitas program tersebut kami lakukan sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi ICDIF LPPI untuk menjadi lembaga pengembangan perbankan dan jasa keuangan Syariah yang terpercaya dan terkemuka di ASEAN. Hal ini juga merupakan langkah ICDIF menuju Go ASEAN for Syariah.

 

Rizal A. Djaafara

Direktur International Center for Development in Islamic Finance

(ICDIF - LPPI)

Hubungi Kami

ICDIF (International Center for Development in Islamic Finance) LPPI

Telp : (62-21) 71790919, 71792012 

Fax : (62-21) 7195411

Hastari Andriyani | Ext. 326

M. Nur Mahri | Ext. 284

Farida Tyas Styaningrum | Ext. 284

Adrian Budiman | Ext. 321

Dahwin Feri Harahap | Ext. 321

Abu Bakar | Ext. 321

Sri Astuti | Ext. 321

 


 

E-mail: icdiflppi@gmail.com

ASPEK LEGAL & AKAD BANK SYARIAH UNTUK NOTARIS (SYB 223)

ICDIF LPPI


ESENSI PROGRAM

Program Aspek Legal dan Akad Bank Syariah untuk Notaris bertujuan untuk meningkatkan kemampuan notaris bank untuk memahami berbagai jenis akad transaksi bank syariah, Peraturan Bank Indonesia/ OJK dan Fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) sebagai landasan hukum setiap produk dan akad perbankan syariah. Program ini bersifat, sistematis, integratif dan fokus.

 

MANFAAT

Peserta diharapkan mampu memahami prinsip operasional bank syariah secara umum, akad transaksi bank syariah dan fatwa DSN serta dapat menyelesaikan berbagai permasalahan dan perselisihan dalam akad dan transaksi bank syariah.

 

ESENSI MATERI

Materi yang dibahas meliputi: Syariah Islam dan Hukum Positif di Indonesia, Pengenalan Prinsip Operasional Bank Syariah, Peran dan Fungsi DSN dan Badan Arbitrase Syariah Nasional (BASYARNAS) serta Aplikasi Pembuatan Akad-Akad Bank Syariah.

 

METODE

Program ini diselenggarakan secara klasikal dengan menerapkan kombinasi metode: ceramah, diskusi dan pembahasan studi kasus.

 

PESERTA YANG DISARANKAN

Para notaris perbankan syariah.

 

FASILITATOR

Terdiri dari pakar, profesional, praktisi dan akademisi yang berasal dari Bank Indonesia/ OJK, Perbankan Syariah, Lembaga Keuangan Syariah, Dewan Syariah Nasional (DSN), Universitas, Lembaga Training, dan LPPI.

 

DURASI

Program ini diselenggarakan selama 3 (tiga) hari secara intensif.