Home Tentang Kami Hubungi Kami Links FAQ Forum
Follow Us


General Banking

Retail & Micro Banking (BPRS)

Consumer Banking

Commercial Banking

Seminar

Treasury & International Banking

Service, Selling & Marketing

Legal & Sharia Compliance

Workshop

Consultancy & Assessment Center

Socialization Program

ICDIF Terus Tingkatkan Mutu dan Kualitas Program

International Center for Development in Islamic Finance Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (ICDIF LPPI) sebagai lembaga yang didirikan oleh Bank Indonesia sejak 2008 yang lalu terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi dan menyiapkan Sumber Daya Insani bagi industri perbankan & keuangan syariah. Sejak berdirinya s.d. tahun 2013, tercatat ICDIF LPPI telah mendidik sekitar 17.052 orang SDI perbankan & Keuangan Syariah.


ICDIF LPPI terus berupaya untuk meningkatkan mutu program pendidikan dan pelatihan juga konsultasi perbankan & keuangan syariah untuk dapat menghasilkan SDI perbankan syariah yang memiliki skill, knowledge dan attitude yang baik melalui berbagai program pendidikan dan pelatihan serta konsultasi yang dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan industri perbankan & keuangan syariah tanah air.

 

Peningkatan mutu dan kualitas program tersebut kami lakukan sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi ICDIF LPPI untuk menjadi lembaga pengembangan perbankan dan jasa keuangan Syariah yang terpercaya dan terkemuka di ASEAN. Hal ini juga merupakan langkah ICDIF menuju Go ASEAN for Syariah.

 

Rizal A. Djaafara

Direktur International Center for Development in Islamic Finance

(ICDIF - LPPI)

Hubungi Kami

ICDIF (International Center for Development in Islamic Finance) LPPI

Telp : (62-21) 71790919, 71792012 

Fax : (62-21) 7195411

Hastari Andriyani | Ext. 326

M. Nur Mahri | Ext. 284

Farida Tyas Styaningrum | Ext. 284

Adrian Budiman | Ext. 321

Dahwin Feri Harahap | Ext. 321

Abu Bakar | Ext. 321

Sri Astuti | Ext. 321

 


 

E-mail: icdiflppi@gmail.com

Pengantar

Slide Show KDKE p.1

LATAR BELAKANG

  • KDKE merupakan lembaga independen yang mengelola data kerugian eksternal khususnya perbankan di Indonesia.
  • Data konsorsium diperlukan untuk mengelola berbagai jenis risiko, sehingga bank dapat mempertajam analisa atas pola dan kecenderungan dalam pemaparan risiko operasional.
  • Keberadaan lembaga independen ini merupakan salah satu komponen pendukung dalam penyediaan data untuk perhitungan KPMM risiko operasional berdasarkan Advanced Measurement Approach (AMA).
  • Data Konsorsium merupakan salah satu perangkat untuk mengetahui maturitas penerapan manajemen risiko di bank.

 

MANFAAT KONSORSIUM

  • Bank dapat menilai penerapan manajemen risiko, efektivitas pengendalian internal dan penerapan tata kelola perusahaan dalam melakukan aktivitas operasional berdasarkan frekuensi timbulnya kejadian.
  • Bank dapat menyusun suatu indikator untuk memantau aktivitas operasional berdasarkan masukan data dari Konsorsium.
  • Seluruh Bank anggota Konsorsium dapat saling bertukar informasi baik secara bilateral maupun multilateral mengenai modus maupun penanganan suatu kejadian.
  • Masing-masing Bank dalam membuat suatu perencanaan strategis mendapatkan suatu bahan pertimbangan berdasarkan pemetaan Data Kerugian (baik data internal maupun eksternal).

 

RUANG LINGKUP DATA

  • Data KDKE hanya mencakup data kerugian di perbankan Indonesia khususnya data kerugian akibat risiko operasional. Sehingga apabila KDKE bekerjasama dengan Konsorsium Data Kerugian di luar negeri tidak perlu banyak penyesuaian dalam formatnya.
  • Data KDKE adalah seluruh risiko operasional termasuk di dalamnya risiko operasional pasar, risiko operasional kredit, risiko operasional IT, risiko hukum, risiko strategik, dan risiko kepatuhan.

 

PENGELOLAAN KONSORSIUM

Pengelolaan KDKE harus menggambarkan Good Corporate Governance, untuk itu KDKE menerapkan sistem 2 tingkat  (two tier board system) dalam Struktur Organisasi yang akan dijalankan seperti dibawah ini :

pengelolaan konsorsium KDKE

STRUKTUR ORGANISASI KDKE

struktur organisasi KDKE

  • Bidang Custodian & Jaringan : Menerima data, mendistribusikan hasil analisa berikut panduan membaca hasil analisa dan melakukan pemeliharaan sistem, data dan jaringan.
  • Bidang Analisis Data : Melakukan analisis data, melakukan penelitian dan pengembangan permodelan data.
  • Bidang Quality Assurance : Melakukan pengujian atas hasil analisis data dan memastikan analisis data telah dilakukan dengan benar.
  • Bidang Administrasi & Keanggotaan : Melakukan administrasi atas keikutsertaan calon anggota, memastikan perpanjangan keanggotaan, memastikan administrasi penjualan data kerugian kepada non Anggota.

 

SIKLUS DATA KONSORSIUM

siklus data konsorsium

PRINSIP UTAMA DATA KONSORSIUM

  1. Kerahasiaan Data (Data Confidentiality).
  2. Kualitas Data (Data Quality).
  3. Standardisasi Data (Data Standardization).
  4. Independensi.

 

OUR SERVICE

  • Member Group Meeting Dwi Bulanan.
  • Newsletter Mingguan.
  • Website KDKE.
  • Twitter KDKE : @KDKEindonesia.
  • facebook KDKE : KDKELPPI.
  • Forum KDKE.
  • Seminar/Workshop.

 

Our Member

Member of KDKE

Contact : 

Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI)

Divisi Pusat dan Pengembangan Manajemen Risiko (PMR).

Jl. Kemang Raya No. 35 Jakarta – Selatan

Tlp. (021) 71790919 ext 247, Fax (021) 7195409

Email :  info@kdke.or.id  ; infokdke@gmail.com

 

Contact Person

  • 0878- 80318475 (Farah Fadilla)
  • 0812- 19871118 (Prameswari)