Home Tentang Kami Hubungi Kami Links FAQ Forum
Follow Us


General Banking

Retail & Micro Banking (BPRS)

Consumer Banking

Commercial Banking

Seminar

Treasury & International Banking

Service, Selling & Marketing

Legal & Sharia Compliance

Workshop

Consultancy & Assessment Center

Socialization Program

ICDIF Terus Tingkatkan Mutu dan Kualitas Program

International Center for Development in Islamic Finance Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (ICDIF LPPI) sebagai lembaga yang didirikan oleh Bank Indonesia sejak 2008 yang lalu terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi dan menyiapkan Sumber Daya Insani bagi industri perbankan & keuangan syariah. Sejak berdirinya s.d. tahun 2013, tercatat ICDIF LPPI telah mendidik sekitar 17.052 orang SDI perbankan & Keuangan Syariah.


ICDIF LPPI terus berupaya untuk meningkatkan mutu program pendidikan dan pelatihan juga konsultasi perbankan & keuangan syariah untuk dapat menghasilkan SDI perbankan syariah yang memiliki skill, knowledge dan attitude yang baik melalui berbagai program pendidikan dan pelatihan serta konsultasi yang dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan industri perbankan & keuangan syariah tanah air.

 

Peningkatan mutu dan kualitas program tersebut kami lakukan sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi ICDIF LPPI untuk menjadi lembaga pengembangan perbankan dan jasa keuangan Syariah yang terpercaya dan terkemuka di ASEAN. Hal ini juga merupakan langkah ICDIF menuju Go ASEAN for Syariah.

 

Rizal A. Djaafara

Direktur International Center for Development in Islamic Finance

(ICDIF - LPPI)

Hubungi Kami

ICDIF (International Center for Development in Islamic Finance) LPPI

Telp : (62-21) 71790919, 71792012 

Fax : (62-21) 7195411

Hastari Andriyani | Ext. 326

M. Nur Mahri | Ext. 284

Farida Tyas Styaningrum | Ext. 284

Adrian Budiman | Ext. 321

Dahwin Feri Harahap | Ext. 321

Abu Bakar | Ext. 321

Sri Astuti | Ext. 321

 


 

E-mail: icdiflppi@gmail.com

PERAN & FUNGSI KOMISARIS, DIREKSI DAN DEWAN PENGAWAS SYARIAH DALAM PENGURUSAN BANK (SYB 302)

ICDIF LPPI


ESENSI PROGRAM 

Citra sistem keuangan syariah yang makin meningkat ditunjukkan dengan semakin banyaknya lembaga keuangan baik nasional maupun internasional yang membuka layanan jasa keuangan syariah. Kepercayaan masyarakat yang tinggi atas pelaksanaan sistem keuangan syariah di Indonesia pun semakin mempercepat pertumbuhan industri perbankan syariah. Dukungan pemerintah dan lembaga legislatif terlihat dengan adanya UU Perbankan syariah dan UU SBSN pada 2008 serta UU Pajak Pertambahan Nilai tahun 2009 yang semakin memperjelas arah pengembangan industri keuangan syariah khususnya perbankan di Indonesia. Diperlukan pemahaman dan penyelarasan tentang visi, misi dan filosofi perbankan syariah baik oleh para Komisaris, Direksi maupun Dewan Pengawas Syariah agar tercipta sinergi yang optimal sehingga dapat lebih meningkatkan value dan kontribusi bagi perbankan syariah.

 

MANFAAT

Progam ini dirancang khusus bagi para Komisaris, Direksi, Dewan Pengawas Syariah dan Pejabat lainnya dalam rangka meningkatkan pengetahuan bidang operasi perbankan syariah dan meningkatkan pemahaman fungsi Komisaris, Direksi dan Dewan Pengawas Syariah dan pejabat lainnya di dalam pengurusan bank syariah. Setelah mengikuti lokakarya ini, peserta diharapkan mampu memahami filosofi, regulasi dan blue print pengembangan perbankan syariah serta dampaknya pada pengurusan bank syariah. Selain itu peserta juga diharapkan dapat memahami pelaksanaan kebijakan strategis bank syariah secara umum serta dapat lebih memahami peran Komisaris, Direksi dan Dewan Pengawas Syariah dalam penciptaan tata kelola usaha bank yang baik (good corporate governance).

 

MATERI

Pembahasan materi meliputi peranan bank syariah, perkembangan bank syariah regional dan international, jenis produk dan jasa bank syariah, overview regulasi Bank Indonesia/ OJK, GCG, Internal audit bank syariah, blue print pengembangan perbankan syariah, tugas dan fungsi komisaris, direksi dan DPS, kedudukan fatwa dan fungsi Dewan Syariah Nasional.

 

METODE

Program ini diselenggarakan secara klasikal dengan menerapkan kombinasi: ceramah, pembahasan studi kasus dan diskusi.

 

PESERTA YANG DISARANKAN

Dewan Komisaris, Dewan Direksi dan Dewan Syariah Nasional serta pejabat terkait.

 

FASILITATOR

Praktisi perbankan syariah yang telah berpengalaman, anggota DSN-MUI, regulator, dan akademisi yang pakar di bidang syariah.

 

DURASI

Program ini dilaksanakan selama 2 hari.