Home Tentang Kami Hubungi Kami Links FAQ Forum
Follow Us


General Banking

Retail & Micro Banking (BPRS)

Consumer Banking

Commercial Banking

Seminar

Treasury & International Banking

Service, Selling & Marketing

Legal & Sharia Compliance

Workshop

Consultancy & Assessment Center

Socialization Program

ICDIF Terus Tingkatkan Mutu dan Kualitas Program

International Center for Development in Islamic Finance Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (ICDIF LPPI) sebagai lembaga yang didirikan oleh Bank Indonesia sejak 2008 yang lalu terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi dan menyiapkan Sumber Daya Insani bagi industri perbankan & keuangan syariah. Sejak berdirinya s.d. tahun 2013, tercatat ICDIF LPPI telah mendidik sekitar 17.052 orang SDI perbankan & Keuangan Syariah.


ICDIF LPPI terus berupaya untuk meningkatkan mutu program pendidikan dan pelatihan juga konsultasi perbankan & keuangan syariah untuk dapat menghasilkan SDI perbankan syariah yang memiliki skill, knowledge dan attitude yang baik melalui berbagai program pendidikan dan pelatihan serta konsultasi yang dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan industri perbankan & keuangan syariah tanah air.

 

Peningkatan mutu dan kualitas program tersebut kami lakukan sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi ICDIF LPPI untuk menjadi lembaga pengembangan perbankan dan jasa keuangan Syariah yang terpercaya dan terkemuka di ASEAN. Hal ini juga merupakan langkah ICDIF menuju Go ASEAN for Syariah.

 

Rizal A. Djaafara

Direktur International Center for Development in Islamic Finance

(ICDIF - LPPI)

Hubungi Kami

ICDIF (International Center for Development in Islamic Finance) LPPI

Telp : (62-21) 71790919, 71792012 

Fax : (62-21) 7195411

Hastari Andriyani | Ext. 326

M. Nur Mahri | Ext. 284

Farida Tyas Styaningrum | Ext. 284

Adrian Budiman | Ext. 321

Dahwin Feri Harahap | Ext. 321

Abu Bakar | Ext. 321

Sri Astuti | Ext. 321

 


 

E-mail: icdiflppi@gmail.com

REKRUTMEN DAN ASSESSMENT (SYB 236)

ICDIF LPPI

 

URAIAN SINGKAT REKRUTMEN

Tujuan program ini adalah untuk membantu manajemen dalam proses seleksi pegawai baru yang akan ditempatkan dalam operasional bank syariah baik di kantor pusat maupun di kantor cabang.

 

MANFAAT

Mempersiapkan SDI yang memahami operasional bank syariah secara profesional melalui berbagai tahapan tes seleksi.

 

PROSES REKRUTMEN

Program ini dilakukan mulai dari seleksi administrasi, psikotest, tes pengetahuan umum/ perbankan syariah, bahasa Inggris sampai pada proses wawancara (interview) dan kesehatan. Hasil yang disampaikan kepada client dalam bentuk rekomendasi.

 

URAIAN SINGKAT ASSESSMENT

Guna memotivasi setiap pegawai dalam suatu perusahaan, maka harus ada jenjang karir kepangkatan yang jelas. Agar setiap pegawai mendapat kesempatan yang sama dalam mengisi posisi di atasnya, maka sistem kenaikan pangkat/ jabatan harus ditata sedemikian rupa, sehingga sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan. Untuk penggalian secara fairness kompetensi pegawai, tentunya diperlukan pihak yang independen, sehingga dapat mengurangi unsur subyektivitas yang pada akhirnya dapat membantu perusahaan mencapai tujuan secara optimal. ICDIF-LPPI sebagai salah satu lembaga yang independen, dapat membantu  melaksanakan assessment untuk menentukan SDI yang lebih layak menempati jabatan tertentu ataupun mendapatkan kesempatan untuk naik jabatan.

 

MANFAAT

Dengan melakukan assessment kenaikan pangkat/ jabatan, maka para pegawai termotivasi untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensinya, karena pegawai yang mempunyai potensi lebih akan memperoleh kesempatan lebih besar menempati jabatan yang lebih tinggi.

 

PROSES ASSESSMENT

Assessment meliputi hard dan soft kompetensi (disesuaikan dengan level/ pangkat yang akan dituju Pada dasarnya hard kompetensi untuk mengukur pengetahuan kandidat sedangkan soft kompetensi untuk menilai aspek karakteristik atau perilaku kandidat.

                                               

METODE ASSESSMENT

Dengan tujuan assessment agar kompetensi dapat berjalan secara efektif, maka metodologi yang digunakan adalah: untuk menguji hard kompetensi digunakan soal-soal dalam bentuk multiple choice dan kasus yang disesuaikan dengan level/ pangkat yang dituju; untuk menguji soft kompetensi digunakan kuesioner individu, diskusi kelompok dan break event interview. Pada Level-level tertentu kandidat diminta untuk membuat makalah terlebih dahulu.

 

TIM ASSESSOR

Terdiri dari para spesialis bidang perbankan dan keuangan serta para psikolog yang berpengalaman.

 

DURASI

Seluruh kegiatan assessment akan selesai dalam waktu satu bulan (di luar penyusunan makalah untuk level-level tertentu).