Berita LPPI dan Liputan

Program Pendidikan & Pelatihan Training of Trainers PT. Bank Sumsel Babel

28-03-2022
Program Pendidikan & Pelatihan Training of Trainers PT. Bank Sumsel Babel

LPPI kembali bekerjasama dengan PT. Bank Sumsel Babel dalam rangka Program Pendidikan & Pelatihan Training of Trainers. Program diikuti oleh 33 peserta calon Trainer Internal Bank Sumsel Babel dan dilaksanakan selama 4 hari kerja efektif. Program dibuka oleh Ibu Histinalawati, Kepala Divisi SDM Bank Sumsel Babel bersama Ibu Helda Rahmi Sina, Kepala Pelatihan LPPI. 

Tentang Program

Dalam proses Pendidikan dan Pelatihan, Trainer memegang peranan penting yang sangat berpengaruh terhadap terwujudnya pelatihan yang efektif dan berkualitas. Belajar dan mengajar mengandung fenomena yang menarik setiap kata, pikiran, dan tindakan akan memberi dampak terhadap lingkungan. Nilai-nilai perusahaan (corporate culture) yang spesifik dan telah ter-internalisasi dapat tersampaikan dengan baik kepada karyawan dengan prasyarat kompetensi trainer yang handal.  Terdapat sejumlah kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang Trainer untuk dapat mewujudkan suatu program pelatihan yang efektif dalam mencapai tujuan instruksional yang telah ditetapkan. Kemampuan yang dimaksud meliputi kemampuan Merencanakan (Plan), Mengorganisasikan (Organise) dan Menyajikan (Deliver) materi pelatihan. Program Training of Trainer ini disusun agar mampu membangun dan membentuk kemampuan seorang trainer yang efektif dalam mencapai tujuan instruksional yang ditetapkan dalam suatu program pelatihan.

Setelah mengikuti pelatihan training of trainer ini peserta diharapkan mampu memahami esensi dari Instructional Design ADDIE Model, mampu melakukan Tahapan Analisa, mampu men-desain Modul Training, mampu mengembangkan Modul Training, mampu meng-Implementasikan (menyampaikan) Modul Training yang sudah dikembangkan, mampu meng-Evaluasi efektivitas Training, mampu memperlihatkan Added Value dari suatu Program Training dan menjadi Calon Trainers yang handal.