Berita LPPI dan Liputan

Online Learning Services - Green Banking bank bjb Tahun 2022

09-09-2022
Online Learning Services - Green Banking bank bjb Tahun 2022

LPPI kembali bekerjasama dengan bank bjb dalam pelaksanaan program Green Banking. Program dilaksanakan secara komprehensif selama 2 hari melalui metode Online Learning. Program dibuka dan disambut oleh Ibu Aulianita Nurwidya, Senior Researcher LPPI.

Tentang Program

Konsep green banking telah mempengaruhi sektor perbankan di Indonesia saat ini, terutama sejak Bank Indonesia (BI) mewajibkan seluruh perbankan di Indonesia untuk menerapkan praktik green banking dalam bisnisnya. Hal ini dianggap penting terkait dengan Undang-undang No 32 Tahun 2009, tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup yang mengharuskan semua aktivitas ekonomi untuk patuh mendorong kelestarian lingkungan dengan pemberian sanksi baik pidana bagi pelakunya hingga pencabutan izin lingkungan. Jika hal ini tidak segera diterapkan terutama dalam sektor perbankan, akan berpotensi meningkatkan resiko hukum, resiko kredit dan reputasi bank.

Sesi Hari Pertama diisi oleh Ibu Rizkiasari Yudawinata, Expert bidang Sustainable Finance di Indonesia 

Sesi Hari Kedua diisi oleh Bapak Lando Simatupang, Expert Perbankan Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia

Penerapan green banking merupakan salah satu upaya merubah paradigma lama pembangunan nasional dari greedy economy menjadi green economy dimana greedy economy dilihat dari nilai gross domestic product yang mangakibatkan adanya eksploitasi terhadap sumber daya alam sedangkan green economy merupakan pertumbuhan ekonomi yang tetap memperhatikan 3P (people, profit dan planet). Konsep 3P merupakan upaya pembangunan berkelanjutan.