Berita LPPI dan Liputan

Online Learning Services - Pelatihan Restrukturisasi dan Penyelamatan Kredit Bermasalah Bank Sumsel Babel

17-04-2023
Online Learning Services - Pelatihan Restrukturisasi dan Penyelamatan Kredit Bermasalah Bank Sumsel Babel

LPPI bekerjasama dengan Bank Sumsel Babel mengadakan Program Pelatihan Restrukturisasi dan Penyelamatan Kredit Bermasalah pada tanggal 13 dan 14 April 2023 dengan total peserta sebanyak 51 orang. Program dibuka oleh Bapak M. Nur Hadi, Department Head Divisi Pemasaran dan Pelatihan 2 bersama dengan Bapak Doddy Wahyudi, Pemimpin Divisi Manajemen Aset Khusus (MAK) Bank Sumsel Babel

Tentang Program :

Penyaluran kredit secara massive yang tidak dibarengi dengan kemampuan analisa yang baik seringkali menimbulkan kerugian bagi bank yang berdampak pada terciptanya non performing loan. Penyelamatan atau restrukturisasi kredit merupakan usaha yang wajib dilakukan bank dalam kegiatan pengelolaan kredit agar debitur dapat memenuhi kewajibannya. Berdasarkan data empiris, ternyata tidak semua debitur yang bermasalah dapat diberikan restrukturisasi. 

Bank melalui loan officer nya harus mampu menilai secara tepat prospek dan kualitas kredit maupun debitur yang akan diselamatkan kreditnya secara keseluruhan. Penilaian tersebut tentunya telah disesuaikan dengan analisis risiko yang melekat dari sejak inisiasi sampai dengan pembayaran angsuran kredit. Penatausahaan kredit bermasalah memiliki risiko yang cukup besar, sehingga diperlukan pemahaman yang baik bagi para loan officer.

Melalui program ini diharapkan para peserta dapat mengenal dan memahami kredit bermasalah. Cara Penyelamatan dan Penyelesaian  bagi bank dengan tujuan agar proses pemberian kredit berdasarkan prinsip – prinsip prudential banking dapat mencapai sasarannya.  Selain itu, program ini juga memberikan pemahaman mengenai indikasi dan ciri – ciri kredit / debitur yang akan menjadi masalah atau berpotensi menjadi Non Performing Loan (NPL).