Berita LPPI dan Liputan

Program Pendidikan Analisis Kredit Korporasi Jamkrindo Syariah

12-12-2019
Program Pendidikan Analisis Kredit Korporasi Jamkrindo Syariah

Sebagai lembaga jasa keuangan non Bank yang menyediakan berbagai polis atau perjanjian asuransi untuk melindungi pemakai jasa atau nasabahnya dari berbagai macam resiko kerugian tidak pasti, Jamkrindo Syariah perlu mengenal seluk beluk nasabah yang dilindungi.

Dalam bidang keuangan, Jamkrindo Syariah juga berperan sebagai Collateral Subtitution Institution yaitu lembaga penjamin yang membantu principal (pelaksana proyek) untuk menyatakan kemampuannya dalam melaksanakan pekerjaan sesuai dengan kontrak/perjanjian yang ditetapkan oleh obligee (pemilik proyek) dalam bentuk Jaminan penawaran, jaminan pelaksanaan, jaminan uang muka, jaminan pemeliharaan, custom bond dan kontra bank garansi.

Oleh karena itu, Jamkrindo Syariah perlu mengambil keputusan yang memerlukan dukungan informasi dan harus dilakukan analisis yang terukur atas kegiatan usaha yang dilakukan oleh nasabah yang mayoritas adalah nasabah korporasi. Adanya pelatihan analis kredit korporasi ini diharapkan mampu sebagai dasar melakukan analisis kelayakan.