Berita LPPI dan Liputan

Program Pendidikan & Pelatihan Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan bank bjb

30-08-2022
Program Pendidikan & Pelatihan Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan bank bjb

LPPI bekerjasama dengan bank bjb dalam pelaksanaan Program Pendidikan & Pelatihan Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (RAKB) Tahun 2022. Program diikuti oleh 25 peserta dan dilaksanakan secara klasikal tatap muka di Kampus Bumi LPPI Jakarta. 

Tentang Program

Aksi keuangan berkelanjutan (sustainable finance) merupakan praktek industri keuangan yang mengedepankan pertumbuhan berkelanjutan dengan menyelaraskan aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menerbitkan peraturan tentang penerapan keuangan berkelanjutan dalam POJK No.51/POJK.03/2017. Setiap lembaga keuangan harus memiliki Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (RAKB). Rencana tersebut harus memiliki interpretasi praktis agar memudahkan lembaga keuangan dalam mengadopsi dan menginternalisasi prinsip-prinsinya. Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan paling sedikit memuat ringkasan eksekutif, proses penyusunan Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan, faktor penentu Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan, prioritas dan uraian Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan, serta tindak lanjut Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan.

Pelatihan ini diselenggarakan untuk mengetahui lebih dalam mengenai postur atau sistematika RAKB yang sesuai dengan POJK. Selain itu, akan dibahas juga pilihan-pilihan prioritas dalam pelaksanaan KUBL yaitu : pengembangan produk dan jasa; pengembangan kapasitas intern dan penyesuaian organisasi, manajemen risiko, tata kelola , dan standar prosedur operasional serta implementasinya di bank bjb.