Berita LPPI dan Liputan

Program Pendidikan & Pelatihan Strategic Risk Awareness Batch 1 - 7 PT. Bank Jateng

29-08-2022
Program Pendidikan & Pelatihan Strategic Risk Awareness Batch 1 - 7 PT. Bank Jateng

LPPI kembali bekerjasama dengan PT. Bank Jateng dalam rangka pelaksanaan Program Pendidikan & Pelatihan Strategic Risk Awareness. Program yang berlangsung sebanyak 7 batch ini dilaksanakan secara klasikal tatap muka di Semarang, Jawa Tengah. 

Tentang Program

Manajemen risiko khususnya dalam dunia perbankan merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap bankir. Hal ini didukung dengan adanya penetapan otoritas bahwa setiap insan bank harus memiliki kompetensi manajemen risiko. Manajemen risiko di bidang perbankan sangat penting untuk mencegah kerugian atau meminimalkan potensi kerugian yang mungkin terjadi. Lingkungan internal dan eksternal bisnis perbankan yang terus berubah dengan cepat membuat penerapan manajemen risiko yang memadai di industri perbankan menjadi suatu keharusan. Sumber daya manusia khususnya di bidang perbankan merupakan aset vital yang perlu dikelola. Oleh karena itu, perlu diciptakan sumber daya manusia yang mumpuni dan kompeten di bidang manajemen risiko serta memiliki standar profesi dan kode etik yang baik, yang dibuktikan dengan memiliki sertifikasi manajemen risiko, sesuai dengan jenjangnya.

Membangun kesadaran risiko dalam jangka pendek akan membuat proses kerja menjadi lebih efisien dan denda berkurang. Dalam jangka  panjang, akan tercipta efisiensi, daya saing, tata kelola perusahaan yang lebih baik dan  alokasi modal yang optimal. Yang terakhir ini membuat bank mampu mengukur alokasi modal berdasarkan kerugian sendiri (AMA), bukan persentase tertentu dari laba bank (BIA).  Hasil akhirnya, bank mampu ekspansi lagi untuk menciptakan profitabilitas yang lebih stabil dalam jangka panjang.

Dengan mengikuti program ini diharapkan kepada peserta untuk mendapatkan pemahaman mengenai pentingnya Analisis Risiko terkait potensi terjadinya Kredit Bermasalah yang diakibatkan oleh kegiatan operasional. Selain itu, Peserta diharapkan untuk memahami pentingnya pengetahuan mengenai Penyelesaian Kredit Bermasalah dan Penyelamatannya.