Berita LPPI dan Liputan

Online Learning Services - Pelatihan APU PPT Terstruktur Bulan Agustus 2021 (PT. Bank Syariah Indonesia Tbk)

16-08-2021
Online Learning Services - Pelatihan APU PPT Terstruktur Bulan Agustus 2021 (PT. Bank Syariah Indonesia Tbk)

Penggabungan ketiga Bank Umum Syariah Nasional yaitu Bank Syariah Mandiri, Bank BNI Syariah dan Bank BRI Syariah membuat kompleksitas produk dan layanan jasa pada Bank Syariah Indonesia semakin tinggi, ditambah pula semakin meningkatnya penggunaan teknologi informasi pada industri jasa keuangan maka semakin tinggi risiko Bank Syariah Indonesia untuk menjadi sarana Pencucian Uang dan/atau Pendanaan Terorisme.

Peningkatan risiko yang dihadapi Bank Syariah Indonesia perlu diimbangi dengan peningkatan kualitas pengawasan dan penerapan program Anti Pencucian Uang dan/atau pencegahan Pendanaan Terorisme (APU PPT). Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan awareness, pengayaan dan penguatan fundamental, serta pemahaman Tindak Pidana Pencucian uang dan/atau Pendanaan Terorisme sehingga terdapat harmonisasi dan integrasi terhadap Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU PPT) bagi karyawan Bank Syariah Indonesia.

Atas hal tersebut, pada Bulan Agustus 2021, Bank Syariah Indonesia (BSI) dan Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) kembali mengadakan kerjasama dalam penyelenggaraan pelatihan APU-PPT terstrutkur.

Pelatihan ini masing-masing dilaksanakan selama 1 hari untuk setiap jenjang dan batchnya pada tanggal:

No

Nama Program

Tanggal

1

Pelatihan APU PPT Basic Batch 7

4 Agustus 2021

2

Pelatihan APU PPT Intermediate Batch 5

5 Agustus 2021

3

Pelatihan APU PPT Advance Batch 3

9 Agustus 2021

4

Pelatihan APU PPT Basic Batch 8

11 Agustus 2021

5

Pelatihan APU PPT Basic Batch 9

12 Agustus 2021

6

Pelatihan APU PPT Advance Batch 4

16 Agustus 2021

7

Pelatihan APU PPT Intermediate Batch 6

18 Agustus 2021

8

Pelatihan APU PPT Basic Batch 10

19 Agustus 2021

9

Pelatihan APU PPT Intermediate Batch 7

23 Agustus 2021

 

  1. Level peserta dalam pelatihan ini adalah:
  2. Basic: Frontliner (CS dan Teller)
  3. Intermediate: Area Operations & Service Manager, Branch Operations & Service Manager, Cash Outlet Supervisor, Customer Service Supervisor
  4. Advance: Branch Manager

 

  1. Materi yang dipelajari dalam pelatihan ini adalah:
  • 1. Customer Due Diligence (CDD), EDD dan Risk Based Approach
  • 2. Penerapan Program APU-PPT Sektor Jasa Keuangan
  • 3. Studi Kasus Operasional Terkait APU-PPT
  • 4. Sharing session internal oleh AML CFT Group Head BSI

Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini, peserta dapat menerapkan APU PPT lebih baik lagi dan mengetahui perkembangan APU PPT yang terjadi.