Online Learning Services - Pembekalan Sertifikasi Internal Kredit Konsumer PT. Bank BTN (Persero) Tbk.
Kredit adalah asset perbankan yang paling besar dan KYD merupakan Aset produktif yaitu sumber penghasilan utama bank sehingga perlu untuk dikelola dengan baik. Secara garis besar, kredit Bank BTN terbagi atas kredit perumahan dan kredit non perumahan. Didalam kredit non perumahan meliputi kredit konsumer dan kredit komersial. Kinerja Bank BTN pada tahun 2019 menunjukkan adanya penurunan hal ini dikarenakan NPL atau kredit bermasalah yang masih cukup tinggi sebesar 2,96% diakhir tahun 2019. Begitu pula pertumbuhan kredit konsumer mengalami penurunan menjadi – 32.45%. tetapi masih membukukan laba. Oleh sebab itu, untuk kedepannya Bank BTN harus memperhatikan prinsip kehati-hatian dalam pemberian kredit baru.
Pertumbuhan kredit Bank BTN terutama dalam kredit konsumer dapat diperbaiki tetapi dengan adanya perkembangan permasalahan lain seperti Virus Corona maka Kinerja Bisnis Bank BTN harus lebih di tingkatkan. Oleh karena itu, Pemahaman yang memadai dan komprehensif diperlukan dalam proses penyaluran kredit konsumer oleh karyawan. Sertifikasi internal dilakukan oleh Bank BTN, merupakan assesment yang dilaksanakan oleh Bank kepada pegawai untuk memastikan kembali pegawai dapat mempertahankan dan meningkatkan kompetensi teknisnya serta hasil assessment dapat digunakan perencanaan program pengembangan pegawai agar terus berkelanjutan sehingga Bank BTN dapat terus meningkatkan kinerjanya dan tetap mencapai tujuan utama dalam perusahaan.
Secara UMUM tujuan dari program ini adalah untuk meretensi kompetensi teknis pegawai di bidang Kredit Konsumer. Setelah mengikuti Program Sertifikasi Kredit Konsumer ini, para peserta mampu menjelaskan pemahaman yang komprehensif mengenai kredit konsumer meliputi product knowledge, proses bisnis dan regulasi baik internal maupun eksternal.