Berita LPPI dan Liputan

Online Learning Services - Pemberdayaan UMKM melalui Revitalisasi Fungsi Intermediary Perbankan

29-07-2021
Online Learning Services - Pemberdayaan UMKM melalui Revitalisasi Fungsi Intermediary Perbankan

Pada hari ini, LPPI 29 Juli 2021 LPPI mengadakan Public Training dengan tema "Pemberdayaan UMKM melalui Revitalisasi Fungsi Intermediary Perbankan". Program berlangsung selama 1 hari melalui media Online Interaktif via Zoom Meeting.


Tentang Program

Di tengah lesunya perkonomian tanah air yang disebabkan oleh Pandemi Covid-19 yang tengah berlangsung, sangatlah diperlukan formula guna mengembalikan perekonomian Indonesia agar lebih stabil dan berdaya saing. Indonesia yang menganut sistem demokrasi Pancasila dan mempunyai tingkat keberagaman tinggi tentunya membutuhkan sebuah sistem perekonomian yang khas, berbeda dengan negara lain. UMKM! Ya, karena UMKM adalah salah satu formula yang dapat  digunakan untuk menangkis pengikisan cara ke-Indonesiaan yang dilakukan oleh ekonomi asing. UMKM memang layak mendapat perhatian ekstra dari pemerintah, BI, OJK, dan lembaga keuangan karena perannya yang sangat signifikan terhadap perekonomian nasional. Jika selama ini, perhatian terhadap UMKM belum sepenuh hati, kini saatnya UMKM mendapatkan perhatian penuh. Karena dengan kolapsnya UMKM akibat pukulan pandemic Covid-19, struktur ekonomi nasional menjadi lebih jelas tergambar. Ketika UMKM kolaps, angka pengangguran dan kemiskinan melonjak tajam. 

Setelah mengikuti program ini, peserta diharapkan mampu memahami pentingnya peran UMKM dalam perekonomian nasional, sehingga sangat diperlukan andil Pemerintah, Regulator, serta lembaga intermediasi keuangan (termasuk perbankan) dalam mendukung langkah kebijakan revitalisasi UMKM di Indonesia.