Berita LPPI dan Liputan

Online Learning Services - Program Sertifikasi SPPUR Transfer Dana Batch 1 DBS Bank

30-08-2021
Online Learning Services - Program Sertifikasi SPPUR Transfer Dana Batch 1 DBS Bank

Pada Sabtu & Minggu, 28 & 29 Agustus 2021 LPK LPPI bekerjasama dengan DBS Bank menyelenggarakan program sertifikasi kompetensi SPPUR bidang Transfer Dana. Program kelasikal dilaksanakan secara daring via zoom meeting, dan kemudian dilanjutkan dengan kegiatan on the job training (OJT) di masing-masing lokasi kerja peserta

Tentang Program

Indonesia berkomitmen untuk berperan aktif dalam membangun daya saing SDM di kawasan regional. Dalam rangka itu, salah satu arah kebijakan dalam peningkatan nilai tambah ekonomi nasional 2020-2024 adalah peningkatan produktivitas tenaga kerja dan penciptaan lapangan kerja, dengan strategi sertifikasi kompetensi dan pelatihan kerja. Dalam rangka menciptakan SDM unggul, Indonesia maju sesuai agenda RPJMN 2020 - 2024, salah satu strategi kebijakan yang diambil adalah meningkatkan kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikasi kompetensi. SKKNI Bidang SPPUR telah ditetapkan melalui Kep. Menaker RI No. 340/2017, terdiri dari 7 sub bidang yg dikelompokkan menggunakan pendekatan kegiatan proses bisnis operasional SPPUR di Bank & LSB. Untuk bidang Pengelolaan Transfer Dana, ruang lingkup kegiatan ini mencakup Kegiatan transfer dana dalam Rupiah dan valas, serta penatausahaan cek dan bilyet giro (a.l kegiatan transfer dana melalui BI-RTGS dan SKNBI (Wholesale Payment, Retail Payment).

PBK SPPUR Jenjang Kualifikasi SPPUR 4 Pengelolaan Transfer Dana ini, diharapkan peserta pelatihan mampu menguasai kompetensi yang diperlukan dalam operasional Pengelolaan Transfer Dana yang mencakup Memproses Transaksi Transfer Dana atau Transaksi Transfer Debit, Melakukan Rekonsiliasi Transaksi Transfer Dana atau Transaksi Transfer Debit, dan Menatausahakan Penggunaan Cek atau Bilyet.