Online Learning Services - Refreshment General Banking : Bank Digital & Layanan Digital Perbankan Bank Nagari
Pada hari ini, Kamis tanggal 7 Oktober 2021, LPPI menyelenggarakan Program Refreshment General Banking dengan tema "Bank Digital dan Layanan Digital Banking". Program dibuka oleh Ibu Helda Rahmi Sina, Kepala Pelatihan LPPI dan diikuti oleh 20 peserta setingkat Kepala Cabang dari Bank Nagari.
Tentang Program
Latar Belakang Berdasarkan survey proses digitalisasi bisnis bank di Indonesia yang dilakukan Bank Indonesia (2018) terlihat belum semua bank memiliki komitmen terhadap pengembangan digital dengan progres transformasi digital dapat di kategorikan rendah. Disisi lain, para challenger bank semakin banyak, sebut saja untuk perusahaan fintech peer to peer lending (P2P) saat ini tercatat sebanyak 124 perusahaan dengan akumulasi pinjaman yang disalurkan sebesar 181 Trilyun per Maret 2021. Beberapa Bank telah mendeklarasikan diri sebagai Bank Digital dimana mengutamakan jaringan layanan secara branchless dibandingkan terdahulu yang senantiasa mengandalkan jaringan cabang. Manajemen Bank dituntut untuk semakin cepat dalam mengambil keputusan, pilihannya membangun sendiri, berkolaborasi atau mengakuisisi perusahaan platform digital yang ada. Manapun yang dipilih, akan menjadi tepat bila pemahaman yang dimiliki paripurna dan berkomitmen dalam melaksanakannya.
Program ini terbagi dari 2 sesi utama :
Sesi 1 diisi oleh Bapak Kaspar Situmorang, Direktur Utama Bank Raya Indonesia
Sesi 2 diisi oleh Bapak David Sumual, Kepala Ekonom dari Bank BCA