Berita LPPI dan Liputan

Program Pendidikan & Pelatihan Pemimpin Cabang Angkatan ke 197

24-01-2022
Program Pendidikan & Pelatihan Pemimpin Cabang Angkatan ke 197

Pada hari ini, Senin 24 Agustus 2021, LPPI kembali menyelenggarakan Program Pendidikan & Pelatihan Pemimpin Cabang Angkatan ke-197. Program diikuti oleh 34 peserta yang berasal dari 10 BPD plus 1 peserta yang berasal dari internal LPPI. Acara ini dihadiri oleh Bapak Mirza Adityaswara - Direktur Utama LPPI, Bapak Edy Setiadi - Direktur Bisnis LPPI, dan Ibu Helda Rahmi Sina - Kepala Pelatihan LPPI, serta pejabat LPPI lainnya yang menyaksikan acara secara langsung maupun melalui virtual meeting. 

10 BPD yang berpartisipasi dalam program ini berasal dari : Bank Kalbar (sebanyak 2 peserta) ; Bank Nagari (sebanyak 6 peserta) ; Bank Maluku Malut (sebanyak 4 peserta) ; Bank Sumsel Babel (sebanyak 2 peserta) ; Bank Jambi (sebanyak 2 peserta) ; Bank Bengkulu (sebanyak 1 peserta) ; Bank BPD DIY (sebanyak 2 peserta) ; Bank NTT (sebanyak 6 peserta) ; Bank Kaltimtara (sebanyak 3 peserta) ; Bank Sulselbar (sebanyak 5 peserta), dan internal LPPI sebanyak 1 peserta. Program dimulai dengan sambutan dan pembukaan secara resmi sekaligus pemaparan kondisi perekonomian global oleh Bapak Mirza Adityaswara, Direktur Utama LPPI.

Setelah penyambutan dan pemaparan kondisi ekonomi global oleh Bapak Mirza Adityaswara, peserta melanjutkan dengan sesi menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Berdoa Bersama

Tentang Program

Pemimpin Cabang memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung keberhasilan pencapaian visi dan misi organisasi melalui implementasi Business Plan. Perkembangan bisnis di era VUCA dan TUNA dewasa ini, menuntut cabang untuk lincah dalam berselancar dalam setiap gelombang perubahan yang terjadi. Cabang memegang peranan penting sebagai ujung tombak jaringan distribusi dan layanan, untuk itu sebagai pucuk pimpinan tertinggi di cabang, Pemimpin Cabang dituntut untuk lebih berperan aktif dalam mencapai target kinerja dengan tetap memelihara harmonisasi baik pegawai maupun para stakeholder cabang.

Perkembangan teknologi dan proses digitalisasi harus mampu menjadi peluang peningkatan kinerja cabang dengan tetap mempertahankan personal touch kepada para nasabah. Keahlian di bidang selling dan service menjadi faktor kunci untuk mempertahankan nasabah dan mendapatkan nasabah baru. Dimana persepsi mengenai kualitas selling dan service dipengaruhi berdasarkan pengalaman-pengalaman nasabah selama berhubungan dengan bank. Menciptakan sebuah ekosistem yang saling menguntungkan antara nasabah dengan cabang, tentunya harus sejalan dengan upaya untuk meminimalkan risiko, terutama kaitannya dengan risiko operasional. Program pendidikan dan pelatihan ini akan memberikan solusi tepat bagi para peserta dalam menjawab berbagai tantangan dan kualifikasi kompetensi seorang pemimpin cabang.

Program Pemimpin Cabang merupakan salah satu dari Program Leadership Berjenjang yang ada di LPPI

Setelah lulus mengikuti program pendidikan ini, peserta diharapkan memenuhi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang General Banking Level 2 dan kualifikasi minimal untuk sertifikasi Risk Management Level 3 profesi Bankir berdasarkan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Program ini dilaksanakan secara efektif selama 5 minggu, dengan timeline sebagai berikut :

Metode pembelajaran yang akan digunakan dalam pendidikan dan pelatihan ini adalah participant learning method melalui aktivitas pendukung seperti diskusi interaktif, role play, permainan, alat bantu visual, studi kasus, simulasi, dan kunjungan kerja dengan tujuan akhir mendukung pencapaian manfaat yang dimaksud atas setiap materi. Selama masa Pandemi Covid-19, kami melaksanakan kegiatan sesuai dengan Protokol Pencehagan Covid-19, dan memanfaatkan aplikasi digital meeting sebagai media ajar apabila dalam keadaan force majeur.