Berita LPPI dan Liputan

Webinar Manajemen Risiko Bank Syariah Batch 1 & 2

31-08-2020
Webinar Manajemen Risiko Bank Syariah Batch 1 & 2

Webinar Manajemen Risiko Bank Syariah Batch 1

Pandemi COVID-19 tidak hanya berdampak bagi Masyarakat dari aspek kesehatan saja, namun juga terhadap aspek perekonomian. Industri Perbankan dalam menjalankan fungsinya sebagai lembaga intermediasi atau perantara keuangan yang menghimpun dana dari masyarakat untuk disalurkan dalam bentuk pembiayaan tentunya juga terkena dampak yang signifikan. Dampak tersebut bukan hanya dari segi operasional Bank yang tetap dituntut untuk dapat beroperasi di tengah pandemi, namun juga dari sisi bisnis Bank terutama dari sustainibility pembiayaan dimana tentu banyak pelaku usaha yang merupakan debitur Bank yang menurun usahanya sehingga mempengaruhi kemampuan bayar Debitur kepada Bank sehingga pembiayaannya menjadi bermasalah.



Dalam rangka memperkaya pengetahuan terkait restrukturisasi dan recovery pembiayaan yang diakibatkan pandemi Covid-19, Bank Syariah Mandiri dengan Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia mengadakan Webinar Manajemen Risiko Bank Syariah pada tanggal 6 Agustus 2020 yang dimulai pukul 13.30 - 16.00 WIB. Webinar ini dihadiri oleh 200 peserta yang berasal pegawai Bank Mandiri Syariah dengan narasumber Bapak Agus Sudiarto (Direktur Manajemen Risiko, Bank BRI) dan Bapak M. Arifin Firdaus (SEVP Special Asset Management, Bank Mandiri).


Webinar Manajemen Risiko Bank Syariah Batch 2

Krisis tahun 2020 berbeda dengan krisis yang terjadi pada tahun 1998, 2008 dan 2013, dimana semua negara terkena dampak dari Covid-19 yang berdampak pada kesehatan, pasar keuangan, ekonomi, supply chain dan daya beli masyarakat UMKM. Sektor perbankan merupakan salah satu industri yang cukup terkena dampak dari pandemi ini, hal ini dapat dilihat meningkatnya NPL. Beberapa langkah telah dilakukan oleh pemerintah maupun lembaga pemerintahan untuk tetap menjaga kegiatan ekonomi di Indoensia seperti dengan diterbitkannnya beberapa regulasi seperti PP No.23 Tahun 2020 dan POJK No.11 Tahun 2020 yang membahas terkait restrukturisasi kredit.



Sebagai salah satu langkah untuk menambah wawasan terkait restrukturisasi dan recovery pembiayaan yang diakibatkan pandemi Covid-19, Bank Syariah Mandiri bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia untuk mengadakan Webinar mengenai Manajemen Risiko Bank Syariah yang dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus 2020. Webinar ini dimulai pukul 13.30 - 16.00 WIB dan dihadiri oleh 200 peserta yang berasal pegawai Bank Mandiri Syariah dengan narasumber Bapak Agus Sudiarto (Direktur Manajemen Risiko, Bank BRI) dan Bapak M. Arifin Firdaus (SEVP Special Asset Management, Bank Mandiri).