Berita LPPI dan Liputan

Online Learning Services - Banking Operation Management Batch 1 & 2 bank bjb

20-01-2022
Online Learning Services - Banking Operation Management Batch 1 & 2 bank bjb

LPPI kembali bekerjasama dengan bank bjb dalam pelaksanaan program dengan tema "Banking Operation Management". Program dilaksanakan sebanyak 2 batch selama 1 hari kerja, dengan metode online interaktif. Program ini dibuka oleh Ibu Helda Rahmi Sina, Kepala Pelatihan LPPI.

Tentang Program

Pengelolaan dan pengembangan sumber daya manusia di industri perbankan menjadi hal yang sangat critical. Setiap bankir harus memiliki kompetensi yang memadai sesuai dengan bidang keahliannya masing – masing. Sumber daya manusia bukan hanya sebagai pemberi nilai tambah namun juga merupakan ujung tombak (first line defense) mengingat tantangan bankir di masa depan akan semakin berat, terutama disebabkan oleh meningkatnya intensitas persaingan yang menuntut perbankan untuk menyediakan jasa dan produk yang semakin kompleks dan beresiko, serta adanya pengaruh faktor-faktor global, baik dari aspek permodalan maupun sumber daya manusia (SDM)/ expertise.

Dokumentasi Batch 1 

Dokumentasi Batch 2

Perbankan memiliki peran yang sangat penting terhadap pergerakan roda perekonomian Indonesia. Ketika negara sedang melakukan proses pemulihan ekonomi, umumnya bank masih belum bisa optimal dalam menjalankan fungsi utamanya sebagai lembaga intermediasi keuangan internasional yang menggambarkan rasio perbandingan jumlah kredit yang diberikan pada pihak ketiga (LDR/ Loan to Deposit Ratio). Peranan intermediasi lembaga perbankan sangat berpengaruh pada pertumbuhan perekonomian suatu negara. Ketika terjadi penurunan jumlah kredit yang disalurkan akibat sikap kehati-hatian dari pihak bank, secara tidak langsung akan terjadi perlambatan pertumbuhan ekonomi di negara yang bersangkutan. 

Dengan mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta mampu memahami dengan baik jenis-jenis kegiatan operasional perbankan secara umum, meliputi perkembangan transaksi perbankan terkini, tipe-tipe transaksi di perbankan, sampai dengan mekanisme berbagai instrumen transaksi di perbankan.