Berita LPPI dan Liputan

Online Learning Services - Restrukturisasi Kredit Bermasalah Batch 1 & 2 PT. Bank NTT

02-03-2021
Online Learning Services - Restrukturisasi Kredit Bermasalah Batch 1 & 2 PT. Bank NTT

Seiring dengan semakin ketatnya persaingan bisnis antar industri jasa keuangan, bank dan lembaga jasa keuangan lainnya berlomba untuk semakin memperluas pangsa pasar melalui pengembangan bisnis maupun diversifikasi produk yang dimilikinya. Sebagai produk utama bank, berbagai bentuk fasilitas penyaluran kredit berikut dengan fitur uniknya ditawarkan secara massive kepada calon nasabah demi menciptakan net profit margin. Penyaluran kredit secara massive yang tidak dibarengi dengan kemampuan analisa yang baik seringkali menimbulkan kerugian bagi bank yang berdampak pada terciptanya non performing loan.



Penyelamatan atau restrukturisasi kredit merupakan usaha yang wajib dilakukan bank dalam kegiatan pengelolaan kredit agar debitur dapat memenuhi kewajibannya. Berdasarkan data empiris, ternyata tidak semua debitur yang bermasalah dapat diberikan restrukturisasi. Bank melalui loan officer nya harus mampu menilai secara tepat prospek dan kualitas kredit maupun debitur yang akan diselamatkan kreditnya secara keseluruhan. Penilaian tersebut tentunya telah disesuaikan dengan analisis risiko yang melekat dari sejak inisiasi sampai dengan pembayaran angsuran kredit. Penatausahaan kredit bermasalah memiliki risiko yang cukup besar,sehingga diperlukan pemahaman yang baik bagi para loan officer.