Berita LPPI dan Liputan

Online Learning Services - Program Sertifikasi Analisis Kredit & Appraisal PT. Bank NTT

30-06-2020
Online Learning Services - Program Sertifikasi Analisis Kredit & Appraisal PT. Bank NTT

Kredit merupakan kegiatan utama bank yang disalurkan kepada masyarakat. Sebelum kredit tersalurkan, diperlukan analisis yang mendalam dengan mempertimbangkan berbagai aspek. Program Pembekalan Kredit merupakan suatu program untuk mendapatkan credit officer agar siap dalam sisi keilmuan dan pengetahuan guna mendapatkan sertifikasi kredit yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sebagai seorang pegawai bank yang menangani bidang kredit. Program mencakup organisasi perkreditan, budaya kredit, produk kredit, risiko kredit, proses kredit, penetapan suku bunga kredit, hukum perkreditan, pemasaran kredit, serta pembiayaan syariah.



Dalam POJK No. 40/POJK.03/2019 tentang Penilaian Kualitas Aset Bank Umum, disebutkan bahwa bank wajib melakukan penilaian dan penetapan kualitas aset sesuai dengan peraturan yang berlaku, dengan berdasarkan prinsip kehati-hatian (prudent). Risiko kegagalan bank yang keliru dalam melakukan penilaian, dapat dinyatakan dengan bank berstatus khusus, bahkan risiko terburuk bank tersebut dapat dicabut izin usahanya akibat dari tingginya tunggakan debitur. 
Program Sertifikasi Analisis Kredit & Appraisal ini dilaksanakan selama 6 hari kerja, dengan tujuan untuk membekali peserta dalam persiapan uji sertifikasi analis kredit, serta memberikan pemahaman menyeluruh tentang perkreditan sampai kepada penilaian jaminan