Berita LPPI dan Liputan

Program Pelatihan & Pendidikan Refreshment Risk Management

12-09-2023
Program Pelatihan & Pendidikan Refreshment Risk Management

LPPI bekerjasama dengan PT Bank NTB Syariah mengadakan Program Pendidikan & Pelatihan Refreshment Risk Management pada tanggal 12 September 2023 dengan jumlah peserta sebanyak 23 orang melalui metode klasikal yang diselenggarakan di Kantor Pusat Bank NTB Syariah , Mataram Nusa Tenggara Barat.

Tentang Program:

Pengelolaan manajemen risiko khususnya di dunia perbankan merupakan keterampilan yang wajib dimiliki oleh setiap bankir. Hal ini sesuai dengan penetapan oleh otoritas dimana setiap orang dalam bank harus memiliki kompetensi manajemen risiko sebagaimana yang tertuang POJK No. 65 /POJK.03/2016 tentang Penerapan Manajemen Risiko Bagi Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah.

Manajemen risiko dalam dunia perbankan sangat penting dalam rangka mencegah terjadinya kerugian atau meminimalisir potensi kerugian yang dapat terjadi. Lingkungan internal dan eksternal bisnis perbankan yang berubah-ubah membuat penerapan manajemen risiko secara memadai di industri perbankan menjadi suatu keharusan. Oleh karena itu, sumber daya insani (SDI) perbankan yang merupakan aset vital perlu dikelola dengan baik, perlu secara kontinyu dilakukan upaya peningkatan kompetensi sehingga tercipta SDI yang qualified dan memiliki kompetensi di bidang manajemen risiko, standar profesi, dan kode etik yang baik termasuk pemeliharan (refreshment) nya.

Program pemeliharaan (refreshment) Sertifikasi Manajemen Risiko adalah program yang dilaksanakan dengan tujuan untuk memelihara kompetensi pemegang atau pemilik Sertifikat Manajemen Risiko di bidang manajemen risiko Bank. Program pemeliharaan dimaksud dilaksanakan dengan ketentuan:

  • 1. Dilakukan secara berkala paling sedikit 1 (satu) kali dalam jangka waktu 1 (satu) tahun setelah diterbitkan Sertifikat Manajemen Risiko;
  • 2. Bentuk kegiatan program pemeliharaan antara lain berupa in-house training, seminar, sosialisasi ketentuan dari otoritas yang berwenang, workshop, lokakarya, e-learning, dan/atau portofolio pekerjaan, yang terkait dengan bidang manajemen risiko Bank.