Berita LPPI dan Liputan

Expert Sharing - Cara Mudah Mengelola Risiko di Perusahaan Penjaminan

05-01-2023
Expert Sharing - Cara Mudah Mengelola Risiko di Perusahaan Penjaminan

LPPI menyelenggarakan Program Expert Sharing dengan berbagai Perusahaan Penjaminan sebagai penutup tahun 2022. Program dilaksanakan melalui metode online interaktif dengan menghadirkan Bapak Krisna Wijaya sebagai Narasumber, bersama Bapak Asril Aminulloh sebagai Moderator. 

Tentang Program

Lembaga Penjamin merupakan lembaga keuangan khusus yang berperan mendorong kemandirian usaha dan pemberdayaan dunia usaha serta meningkatkan akses dunia usaha, khususnya UMKM, Koperasi, dan usaha prospektif lainnya kepada sumber pembiayaan. Berdasarkan statistik OJK per September 2022, terdapat 20 Lembaga Penjamin di Indonesia yang terdaftar di OJK yang mencatatkan kinerja yang baik dibandingkan tahun sebelumnya dimana total Aset mencapai Rp. 35,62 Miliar atau meningkat sebesar 13,81% dengan laba mencapai Rp. 610 Miliar atau meningkat sebesar 41,31% dan volume penjaminan mencapai Rp. 303,136 Miliar atau meningkat sebesar 11,07%. 

Pencapaian yang positif tersebut barang tentu harus dibarengi dengan pengelolaan risiko yang efektif, sesuai dengan POJK No.44/POJK.05/2020. Lembaga Penjamin sebagai industri yang menghadapi situasi yang dinamis perlu menerapkan manajemen risiko yang efektif dengan tujuan agar bisnis dapat berjalan berkelanjutan sesuai dengan visi perusahaan.