Berita LPPI dan Liputan

Online Learning Services - Workshop Peningkatan Capacity Buliding untuk Bank Wakaf Mikro - Kolaborasi LPPI dengan Otoritas Jasa Keuangan

07-09-2021
Online Learning Services - Workshop Peningkatan Capacity Buliding untuk Bank Wakaf Mikro - Kolaborasi LPPI dengan Otoritas Jasa Keuangan

Pada Senin s.d. Rabu, 6 - 8 September 2021, LPPI bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan menyelenggarakan program Workshop Peningkatan Capacity Buliding untuk Bank Wakaf Mikro, yang dilaksanakan melalui metode online interaktif via Zoom Meeting.


Tentang Program

Menurut survei dari Worldometers dan Biro Sensus Amerika, Indonesia masuk kedalam rangking ke-4 negara dengan jumlah populasi penduduk terbanyak dan merupakan negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim. Masalah kemiskinan dan ketimpangan adalah permasalahan yang telah berlangsung menahun lama di Indonesia, ditambah lagi sudah hampir 2 tahun pandemic covid 19 telah melanda dunia. Adanya pandemic covid 19 menyebabkan mobilitas penduduk berubah dari work from office menjadi work form home, selain itu juga berdampak terhadap aktifitas ekononomi dan pendapatan penduduk. Pada maret 2020, tingkat ketimpangan pengeluaran penduduk Indonesia yang diukur oleh Gini Ratio adalah sebesar 0,381. Di perkotaan gini ratio tercatat 0,393 dibanding pedesaan sebesar 0,317. hal tersebut diikut jumlah pendidik miskin pada Maret 2020 sebesar 26,42 juta orang, naik 1,63 juta orang pada September 2019.

Bank Wakaf Mikro (BWM) merupakan Lembaga Keuangan Mikro Syariah yang bertujuan untuk menyediakan akses permodalan/ pembiayaan bagi masyarakat kecil yang belum memiliki akses pada Lembaga keuangan formal. Saat ini sudah terbentuk 60 BWM yang tersebar seluruh Provinsi di Indonesia yang sudah menyalurkan jumlah pembiayaan kumulatif sebesar Rp 71,2 M pada bulan Agustus 2021 (Sumber: http://lkmsbwm.id/). Oleh karena itu perlu didukung oleh peningkatan capacity building kepada management BWM baik pada level pengurus, pengelola dan administrasi keuangan.

Secara umum, Setelah mengikuti program ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan para pegawai Bank Wakaf Mikro baik pada level pengurus, pengelola (manager) dan administrasi keuangan terhadap Management Tata Kelola, Dasar – Dasar Akuntansi dan Analisis Pembiayaan serta Resktrukturisasi Pembiayaan pada Bank Wakaf Mikro.