Berita LPPI dan Liputan

Program Pendidikan & Pelatihan Analisis dan Supervisi Kredit Sektoral Bisnis Kelapa Sawit PT. Bank Kalteng

09-02-2022
Program Pendidikan & Pelatihan Analisis dan Supervisi Kredit Sektoral Bisnis Kelapa Sawit PT. Bank Kalteng

LPPI kembali bekerjasama dengan PT. Bank Kalteng dalam program pendidikan dan pelatihan dengan tema Analisis dan Supervisi Kredit Sektoral Bisnis Kelapa Sawit. Program dilaksanakan selama 2 hari kerja, sebanyak 2 batch. Program dibuka oleh Bapak Ahmad Selanowanda, Direktur Umum & Keuangan Bank Kalteng bersama dengan Bapak Edy Setiadi, Direktur Bisnis LPPI. Program dilaksanakan dengan metode tatap muka, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Program dibuka dengan sambutan dari Bapak Edy Setiadi, Direktur Bisnis LPPI. Karena kondisi, Pak Edy membuka program secara virtual dari Jakarta

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan pembukaan resmi oleh Bapak Ahmad Selanorwanda, Direktur Umum dan Keuangan Bank Kalteng

 

Program dilanjutkan dengan yel yel Bank Kalteng dan acara foto bersama

Tentang Program

 

Bisnis Kelapa Sawit menjadi salah satu bagian penting dalam pembangunan pertanian serta merupakan bagian integral pembangunan nasional. Hal ini dapat dilihat dari beberapa hal : Kelapa sawit merupakan penggerak utama (prime mover) pengembangan agribisnis mulai dari hulu hingga ke hilir ;  Pembangunan sub sektor kelapa sawit merupakan penyedia lapangan kerja yang cukup besar dan sebagai sumber pendapatan petani ; dan Kelapa sawit merupakan salah satu komoditas yang memiliki andil besar dalam menghasilkan devisa negara. Kelapa sawit tidak hanya telah menjelma menjadi penyumbang paling penting devisa negara dari nilai ekspor yang terus meningkat, namun juga menjadi penggerak perkenomian wilayah, menyerap tenaga kerja dan mengentaskan kemiskinan di pedesaan. Untuk dapat masuk dalam sektor perkebunan kelapa sawit, maka bank perlu melengkapi pengetahuan analis kreditnya dengan pengetahuan bisnis dan kredit untuk sektor tersebut. Pelatihan analisis kredit sektor industri kelapa sawit bertujuan untuk membekali peserta agar dapat memahami potensi bisnis dan risiko dari pembiayaan industri perkebunan kelapa sawit, memahami karakteristik industri dan analisis kredit yang tepat untuk industri tersebut.

 

Selain kemampuan analisis yang baik, diperlukan pula kemampuan yang baik dalam melakukan Supervisi Kredit, khususnya pada sekor Kelapa Sawit. Proses tersebut dimulai dari proses identifikasi sampai dengan proses selesainya kredit. Pada dasarnya, setiap tahapan dalam proses kredit merupakan hal yang wajib diketahui terutama bagi Analis Senior dan Pejabat Pemutus Kredit, dimana dalam proses tersebut mengandung risiko kredit yang besar. Program ini dirancang guna mengembangkan kemampuan peserta khususnya yang berkaitan dengan proses analisis & monitoring kredit di sektor Kelapa Sawit guna memastikan bahwa proses tersebut sesuai dengan kebijakan Bank.