Berita LPPI dan Liputan

Program Pendidikan & Pelatihan Soft Skills Development for SDP Bank Sumsel Babel

24-11-2022
Program Pendidikan & Pelatihan Soft Skills Development for SDP Bank Sumsel Babel

LPPI bekerjasama dengan Bank Sumsel Babel dalam pelaksanaan Program Pendidikan & Pelatihan Soft Skills Development for SDP. Program dilaksanakan secara komprehensif selama 3 hari di Kampus Bumi LPPI dengan jumlah peserta sebanyak 16 orang yang berasal dari berbagai satuan kerja di Bank Sumsel Babel. 

Program dibuka dan disambut oleh Ibu Histinalawati, Kepala Divisi SDM Bank Sumsel Babel bersama Ibu Helda Rahmi Sina, Kepala Divisi Pemasaran & Pelatihan LPPI Khusus BPD. Turut hadir dalam pembukaan program ini Bapak M Akyar, Pimpinan HC Bank Sumsel Babel dan Ibu Mimie, Professional Staff HC Bank Sumsel Babel

Tentang Program 

Soft skills berbeda dengan hard skills yang cenderung mengarah pada kemampuan teknis, seperti pemikiran eksak, pemahaman membaca, berbahasa, dan kemampuan komputer. Klaus Martin Schwab, seorang ekonom Jerman, mendefinisikan soft skills sebagai: "Soft skills encompass personal, social, communication, and self management behaviours, they cover a wide spectrum: self awareness, trustworthiness, conscientiousness, adaptability, critical thinking, organizational awareness, attitude, initiative, empathy, confidence, integrity, self-control, leadership, problem solving, risk taking and time management."

Berdasarkan definisi tersebut dapat dikatakan bahwa soft skills adalah kecakapan kepribadian dan karakteristik seseorang yang memperhitungkan kemampuan sosial, berkomunikasi, dan pengembangan diri yang meliputi, kemampuan berpikir kritis, percaya diri, moral, self-control, kerja sama, dan sebagainya. Secara garis besar kemampuan ini meliputi sikap, perilaku, dan moral seseorang.