Berita LPPI dan Liputan

Program Pendidikan & Pelatihan Grafonomi for Frontliners PT. Bank Artha Graha Internasional

21-06-2021
Program Pendidikan & Pelatihan Grafonomi for Frontliners PT. Bank Artha Graha Internasional

Dunia perbankan sering sekali melibatkan penggunaan berbagai dokumen pada setiap kegiatan bisnisnya, baik untuk keperluan transaksi maupun keperluan administrasi lainnya. Banyaknya dokumen yang dipergunakan dalam bisnis perbankan, menimbulkan banyak celah dan kesempatan bagi pihak-pihak yang ingin berbuat kejahatan, salah satunya dengan memalsukan dokumen. Pemalsuan dokumen dapat dilakukan baik dengan cara manual maupun dengan memanfaatkan teknologi. Salah satu cara untuk mengetahui keaslian adalah dengan grafonomi.

Grafonomi yang merupakan cabang dari ilmu grafologi adalah studi tentang ortografi atau sistem penulisan. Untuk mencegah terjadinya kejahatan pemalsuan tanda tangan tersebut, bank perlu membekali karyawannya dengan pelatihan mengenai grafonomi. Program pelatihan grafonomi bertujuan untuk membekali dan meningkatkan kompetensi peserta agar lebih memahami seluk-beluk penanganan dokumen yang baik dan aman untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan pemalsuan terhadap tanda tangan, tulisan tangan, uang, maupun dokumen.



Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para frontliner (Customer Service & Teller) sehingga mampu mendeteksi dan mencegah kemungkinan terjadinya pemalsuan dokumen yang terjadi di bank dan dapat memahami lebih mendalam tentang seluk-beluk penangan dokumen yang baik dan aman.

*) Kegiatan ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol pencegahan Covid-19