Berita LPPI dan Liputan

Program Pendidikan & Pelatihan Mitigasi Operasional - Bank Jateng

09-05-2023
Program Pendidikan & Pelatihan Mitigasi Operasional - Bank Jateng

LPPI bekerjasama dengan Bank Jateng kembali mengadakan Program Pelatihan Pelatihan Mitigasi Operasional pada tanggal 8 - 9 Mei 2023 dengan jumlah peserta sebanyak 23 orang melalui metode klasikal.

Tentang Program:

Aktivitas Bank selalu dihadapkan pada risiko-risiko yang berkaitan erat dengan fungsinya dalam menciptakan nilai bagi stakeholder. Risiko dimaksud termasuk di dalamnya risiko operasional yang merupakan risiko yang ditimbulkan karena human error seperti penyalahgunaan wewenang (fraud), kegagalan sistem, tidak berjalannya fungsi internal, dan adanya problem eksternal yang mempengaruhi jalannya operasional bank. Risiko operasional ini dapat menimbulkan kerugian keuangan dan/atau kerugian potensial lainnya. Ancaman faktor internal maupun faktor ekstenal yang muncul tersebut jika tidak diidentifikasi dan dikelola dengan baik, maka dapat menimbulkan permasalahan yang berat dan bahkan bencana bagi bank.

Risiko operasional seperti di atas sudah sering dihadapi oleh bank, namun risiko ini baru mendapat perhatian setelah dimasukan ke dalam kerangka regulasi Basel II. Selanjutnya dalam bisnis memandang perlu untuk mengelola risiko yang terkait dengan risiko operasional bank atau lebih dikenal dengan Manajemen Risiko Operasional Bank. Seiring dengan itu, untuk mengelola risiko yang mungkin akan terjadi dalam operasional bank, maka Bank Jateng memandang perlu untuk meningkatkan kompetensi pegawainya akan pemahaman Manajemen Risiko Operasional Bank secara komprehensif. LPPI sebagai lembaga yang fokus bisnisnya pada bidang Pendidikan dan Pelatihan, Riset, serta Konsultasi telah menyusun kurikulum secara komprehensif terkait dengan kebutuhan klien dalam meningkatkan pemahaman Manajemen Risiko Operasional.

Seiring dengan itu, untuk mengelola risiko yang mungkin akan terjadi dalam operasional bank, maka Bank Jateng memandang perlu untuk meningkatkan kompetensi pegawainya akan pemahaman Manajemen Risiko Operasional Bank secara komprehensif.

LPPI sebagai lembaga yang fokus bisnisnya pada bidang Pendidikan dan Pelatihan, Riset, serta Konsultasi telah menyusun kurikulum secara komprehensif terkait dengan kebutuhan klien dalam meningkatkan pemahaman Manajemen Risiko Operasional.