Online Learning Services - Operation Risk & Fraud Risk Mitigation Kementerian Keuangan Republik Indonesia
Salah satu risiko yang melekat dalam aktivitas bisnis Bank dan menjadi bagian dalam perhitungan rasio Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) adalah risiko operasional. Risiko operasional, sesuai dengan namanya, sangat erat dan melekat pada proses bisnis Bank sehari-hari, risiko dimaksud tentu tidak dapat dihindarkan dan senantiasa akan terus ada dan berpotensi merugikan Bank. Risiko operasional dapat bersumber dari standar prosedur operasi (SPO), system dan teknologi, manusia maupun dari ekternal Bank. Untuk itu diperlukan awareness dan kompetensi yang cukup agar setiap even dan kerugian yang ditimbulkan, dapat menjadi catatan bagi Bank sehingga dalam jangka panjang akan terbentuk serangkaian data yang mencerminkan profil ragam risiko operasional yang sering dialami oleh Bank, hal yang menjadi pemicunya, frekwensi, dampak atau kerugian yang di timbulkan sehingga dapat dijadikan acuan dalam melakukan mitigasi. Pelatihan ini didesign bagi perusahaan atau institusi agar dapat membangun data kerugian operasional perusahaan serta memahami indikator-indikator pemicu terjadinya risiko operasional dan membangun budaya sadar risiko agar dapat melakukan pengawasan terhadap kemungkinan munculnya risiko.
Baca selengkapnyaOnline Learning Services - Refreshment Human Capital Management PT. Bank BPD Bali
Menghadapi kondisi ekonomi yang cukup menantang saat ini, perusahaan dituntut dapat bertahanan dan siap menyongsong masa recovery yang diharapkan akan berlangsung tidak lama lagi. Perusahaan perlu menyiapkan strategi dan arah bisnis yang agile untuk menghadapi perubahan, dan sangat ditentukan oleh kesiapan Sumber Daya Manusia menjalankan tujuan perusahaan tersebut. Dalam rangka optimalisasi pengembangan Sumber Daya Manusia, langkah awal yang perlu menjadi kunci adalah perencanaan pengembangan pegawai yang sesuai dengan tuntutan perusahaan dan lingkungan bisnis. Proses ini meliputi persiapan pembuatan blueprint employee mapping yang siap diaplikasikan,sesuai denganVisi, Misi dan Strategi perusahaan. Setidaknya terdapat tiga proses utama dalam proses pengembangan pegawai, antara lain proses perencanaan, pengembangan, dan evaluasi. Proses ini perlu diketahui tidak hanya oleh Divisi Sumber Daya Manusia saja, namun perlu juga dipahami oleh seluruh elemen perusahaan. Utamanya oleh para manager/supervisor.
Baca selengkapnyaOnline Learning Services - Aspek Hukum Perbankan Batch ke-2
Industri perbankan merupakan industri yang sangat bertumpu pada kepercayaan masyarakat yang memiliki uang lebih untuk disimpan (fiduciary financial institution). Kepercayaan masyarakat bagi industri perbankan adalah segalanya. Fakta menunjukkan bahwa industri perbankan yang kehilangan kepercayaan masyarakat, dalam waktu sekejap dapat kolaps. Perlu disadari bahwa adanya korelasi erat antara pengaturan industri perbankan dengan aktifitas perbankan itu sendiri. Untuk itu pembuatan (darfting) atau perbaikan (revision) peraturan perundang-undangan di sektor perbankan serta penegakannya harus dilakukan secara hati-hati dengan memperhatikan akibat ekonominya serta dalam rangka melindungi fungsi perbankan dalam perekonomian negara dan upaya untuk memantapkan kepercayaan masyarakat pada industri perbankan. Hukum Perbankan adalah seperangkat peraturan hukum yang mengatur tentang segala sesuatu yang menyangkut tentang bank, mencakup kelembagaan, kegiatan usaha, serta cara dan proses dalam melaksanakan kegiatan usahanya.
Baca selengkapnya