Liputan dan Program Pelatihan

Course1

Online Learning Services - Manajemen Aset dan Liabilitas

27-10-2020

Sebagai Pengelolaan aset dan liabilitas (ALMA,) di bank memiliki peran yang sangat penting sebagai penjaga likuiditas dan profitabilitas. ALMA memiliki peran penting dalam mengelola eksposur risiko suku bunga dan likuiditas di bank yang berada dalam kondisi makro ekonomi yang dinamis. Pengelolaan aset dan liabilitas di bank dilakukan oleh sebuah komite (Assets and Liability Committee atau ALCO) yang terdiri atas berbagai fungsi di bank, yang diwakili oleh manajer treasury, manajer kredit, dan manajer di bidang penghimpunan dana (funding). Program ini menawarkan pendekatan “high impact” dalam pelatihan ALMA, karena selain menggunakan metode ceramah, latihan-latihan, dan studi kasus, dilengkapi juga dengan metode simulasi, dimana peserta akan dihadapkan pada kondisi pengelolaan aset dan liabilitas sebuah bank dengan kondisi makro ekonomi dan persaingan antar bank yang bergerak secara dinamis.

Baca selengkapnya
Course1

Virtual Seminar #30 : Revitalisasi UMKM, Pembiayaan & Digitalisasi

23-10-2020

Bila melihat dari angka-angka, sektor UMKM sampai saat ini, 97 persennya menjadi tumpuan lapangan kerja di Indonesia. Namun kita sendiri masih belum mengklasifikasikan UMKM baik sisi volume maupun size-nya karena sekarang UMKM berkembang sedemikian rupa. Beberapa diantaranya ada yang berkembang dengan membuka gerai dimana-mana, tapi tak sedikit juga yang mengalami pasang surut. Nah, pertanyaan besar kita adalah, seberapa besar atensi kita terhadap UMKM ini? Apakah kita biarkan saja tumbuh by nature, melalui proses perjuangan yang kenyal? Paparan dan pertanyaan tersebut diajukan oleh Menteri PPN?Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam sebuah virtual seminar yang digelar Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) seri ke-30 bertema “Revitalisasi UMKM, Pembiayaan dan Digitalisasi,” di Jakarta, Kamis (22/10/2020).

Baca selengkapnya
Course1

Liputan - Kajian Minat dan Pandangan Stakeholder Terhadap Layanan Syariah (JHT, JKK, JKM, dan JP) BP Jamsostek

21-10-2020

Seiring berjalannya waktu, keinginan stakeholder atas pengembangan layanan program Badan Pelaksana Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) semakin beragam. Salah satu permintaan pengembangan layanan yang dimaksud adalah permintaan masyarakat agar BP Jamsostek menyediakan layanan syariah. Menindaklanjuti hal tersebut, BP Jamsostek bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) dalam melakukan penggalian informasi lebih mendalam tentang perspektif dan harapan masyarakat terkait rencana pengembangan layanan syariah di BP Jamsostek. Kick-off meeting proyek kajian ini dimulai pada tanggal 31 Januari 2020 dan selesai pada 15 Juli 2020.

Baca selengkapnya