Liputan dan Program Pelatihan

Course1

Online Learning Services - First Line Manager Development Program PT. Bank Kalbar

15-09-2020

Kinerja utama Bank Kalbar dalam dalam 5 tahun terakhir menunjukkan terjadinya peningkatan baik dari sisi Aset, Kredit dan DPK. Pada 2020, Bank Kalbar memproyeksikan pertumbuhan aset sekitar 4,9%, sementara untuk DPK sekitar 6,23%. Data di samping menunjukkan bahwa dalam 5 tahun terakhir Bank Kalbar dikelola dengan baik meski terjadi perlambatan ekonomi secara nasional dan global. Salah satu misi Bank Kalbar adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah Kalimantan Barat. DPK yang dihimpun oleh seluruh bank di Kalimantan Barat pada akhir triwulan IV 2019 sebesar Rp60,01 triliun yang merupakan 1% dari total DPK nasional yang berjumlah Rp5.998 triliun. Di wilayah Kalimantan, jumlah nominal DPK perbankan Kalimantan Barat berada di posisi kedua setelah Kalimantan Timur. Begitu juga dengan tingkat pertumbuhan DPK perbankan Kalimantan Barat yang juga berada di posisi kedua di wilayah se-Kalimantan. Untuk melaksanakan Visi dan Misinya Bank Kalbar memerlukan calon-calon pemimpin yang akan mengelola dan mengarahkan organisasinya untuk mencapai visi dan misi tersebut. Manajer Lini Pertama (First Line Manager) adalah pemimpin pada unit organisasi terendah yang diharapkan akan menjadi pemimpin organisasi di masa depan. Untuk itu, First Line Manager perlu dikembangkan dalam suatu program pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan sikap kerja melalui pelatihan First Line Manager Development Program (FLMDP)

Baca selengkapnya
Course1

Online Learning Services - Stress Testing on Banking Exposure PT. Bank Papua

15-09-2020

Saat ini perbankan sedang diuji menghadapi masa pandemi yang belum dapat dipastikan batas waktunya. Perbankan perlu melakukan kontigensi risiko dan self assessment mengenai daya tahan menghadapi kondisi saat ini (stress test). Stress test dapat dilakukan pada risiko yang ada, dengan beberapa skenario. Sehingga dapat diperoleh mitigasi risiko atas berbagai skenario tersebut. Pemahaman mengenai filosofi, metode dan proyeksi keuangan menjadi hal yang mutlak dipahami oleh perbankan, sehingga dapat lebih baik dalam mempersiapkan krisis yang mungkin terjadi.

Baca selengkapnya
Course1

Online Learning Services - Credit Analysis Kementerian Keuangan Republik Indonesia

14-09-2020

Lembaga Jasa Keuangan (LJK) merupakan salah satu pendorong utama pertumbuhan ekonomi suatu negara. Untuk itu, LJK perlu aktif dalam penyaluran kredit yang berkualitas sehingga dapat memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi. Namun, ketidakpastian di masa akan datang menimbulkan timbulnya risiko kredit/ pembiayaan yang perlu diantisipasi sejak dini. Analisis kredit/ pembiayaan merupakan proteksi awal dalam pemberian kredit yang berkualitas baik, untuk mitigasi munculnya risiko yang besar sehingga tidak dapat ditanggug oleh perusahaan maka diperlukan audit secara berkala oleh satuan kerja yang ditunjuk sebagai wakil pemegang saham untuk memastikan bahwa keputusan dan proses kredit telah dilakukan sesuai dengan strandar prosedur operasi yang ditetapkan oleh perusahaan.

Baca selengkapnya