Online Learning Services - Leadership for Junior Managers Angkatan ke-2 PT. Asuransi Kredit Indonesia
Pencapaian kinerja setiap organisasi tentu tidak terlepas dari peran serta seluruh anggota organisasi dari level yang paling bawah sampai kepada Manajer. Seperti halnya kinerja keuangan yang telah dicatatkan oleh PT Askrindo (Persero), seperti terlihat pada tabel dimana kinerja keuangan dari tahun ketahun terus meningkat khusunya investasi, total aset dan laba. Pencapaian tersebut pastinya memerlukan kerja sama yang baik antara unit dan antar lini dalam organisasi, dimana peran manajer sangat menentukan dalam menyatukan sumberdaya dan menggerakannya secara maksimal untuk pencapaian tujuan organisasi. Namun pada sisi yang lain kemampulabaan aset serta equity cenderung mengalami penurunan dari waktu ke waktu. Hal ini mencerminkan semakin ketatnya persaingan pada sektor asuransi kredit yang menuntut organisasi untuk menciptakan efisiensi serta kehati-hatian kerja. Kondisi ini sekali lagi diperlukan kemampuan manajer untuk membangun komunikasi kepada sub ordinatnya agar dapat memberikan kontribusi yang maksimal pada organisasi.
Baca selengkapnyaOnline Learning Services - Basic Treasury PT. Bank Bengkulu
Treasury merupakan suatu unit yang melaksanakan transaksi finansial secara langsung baik dalam eksekusi transaksi maupun pengelolaan portofolio. Treasury di perbankan mempunyai peranan yang sangat penting karena fungsinya sebagai pengelola likuiditas bank, untuk dapat memaksimalkan pendapatan dan meminimalkan biaya, serta mengendalikan risiko suku bunga dan risiko nilai tukar pada tingkat yang aman. Program online training Basic Treasury ini diselenggarakan untuk memperkenalkan kepada calon treasury Bank Bengkulu agar memiliki pengetahuan dasar seorang dealer. Pada program ini, karena diselenggarakan secara online, peserta hanya mendapatkan pengetahuan (knowledge) saja mengenai beberapa materi yang mesti dikuasai oleh calon dealer bank. Melalui pelatihan ini, peserta diharapkan memiliki kompetensi treasury dealer tingkat dasar yang mengacu kepada standar SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia).
Baca selengkapnyaOnline Learning Services - Pembekalan Sertifikasi Internal Kredit Konsumer PT. Bank BTN (Persero) Tbk.
Kredit adalah asset perbankan yang paling besar dan KYD merupakan Aset produktif yaitu sumber penghasilan utama bank sehingga perlu untuk dikelola dengan baik. Secara garis besar, kredit Bank BTN terbagi atas kredit perumahan dan kredit non perumahan. Didalam kredit non perumahan meliputi kredit konsumer dan kredit komersial. Kinerja Bank BTN pada tahun 2019 menunjukkan adanya penurunan hal ini dikarenakan NPL atau kredit bermasalah yang masih cukup tinggi sebesar 2,96% diakhir tahun 2019. Begitu pula pertumbuhan kredit konsumer mengalami penurunan menjadi – 32.45%. tetapi masih membukukan laba. Oleh sebab itu, untuk kedepannya Bank BTN harus memperhatikan prinsip kehati-hatian dalam pemberian kredit baru. Pertumbuhan kredit Bank BTN terutama dalam kredit konsumer dapat diperbaiki tetapi dengan adanya perkembangan permasalahan lain seperti Virus Corona maka Kinerja Bisnis Bank BTN harus lebih di tingkatkan. Oleh karena itu, Pemahaman yang memadai dan komprehensif diperlukan dalam proses penyaluran kredit konsumer oleh karyawan. Sertifikasi internal dilakukan oleh Bank BTN, merupakan assesment yang dilaksanakan oleh Bank kepada pegawai untuk memastikan kembali pegawai dapat mempertahankan dan meningkatkan kompetensi teknisnya serta hasil assessment dapat digunakan perencanaan program pengembangan pegawai agar terus berkelanjutan sehingga Bank BTN dapat terus meningkatkan kinerjanya dan tetap mencapai tujuan utama dalam perusahaan.
Baca selengkapnya